Teks Eksposisi Tentang Kenakalan Remaja



KERANGKA TEKS EKSPOSISI

        A.    TOPIK
     Mengapa kenakalan remaja semakin brutal ?

        B.    BUKTI – BUKTI
  1. Kenakalan yang diakibatkan oleh remaja itu berupa kerusakan fasilitas umum masyarakat
  2. Di jalan Sudirman Tamrin remaja menutup jalan dengan melakukan konvoi tanpa ada maksud.
  3. Saat kelulusan tiba sering para pelajar melakukan konvoi sepeda motor, untuk merayakan kelulusan.
       
     C.     TESIS
 Kenakalan remaja saat ini membuat masyarakat resah

OPINI
Dalam merubah perilaku remaja yang brutal perlu peran dari masyarakat

ARGUMEN
Kenakalan remaja sering membuat kerusakan pada fasilitas umum,dan juga sering mengganggu aktivitas warga. Kenakalan remaja tersebut dapat di pengaruhi dengan lingkungan sekitar remaja tersebut.




                     KENAKALAN REMAJA MASA KINI

          Seiring berkembangnya zaman,kenakalan remaja saat ini tidak dapat di kendalikan. Contohnya seperti tawuran antar pelajar, bolos sekolah , berjudi , mabuk , mencuri , dll.
          Namun tidak semua pelajar yang nakal, masih banyak siswa-siswa yang cerdas,teladan. Contohnya seperti SMA NEGERI MOJOAGUNG. Prestasi yang diraih tidak hanya di bidang akademik, di bidang non akademik juga banyak seperti futsal,karate,PMR,paskibra,dll.
          Kenakalan remaja ini disebabkan oleh 1. Kurangnya kesadaran dari diri remaja tersebut, contohnya hanya karena masalah sepele seorang remaja berkelahi dengan temannya. Jika hanya masalah sepele kenapa tidak bisa di bicarakaan dengan baik-baik. 2. Karena orang tua itu salah mendidik anaknya ketika masih kecil, seperti menasehati anaknya dengan kekerasan ketika dewasa anak tersebut akan menjadi tempramen.3. kurangnya pelajaran agama pada remaja tersebut ketika kecil, yang menyebabkan remaja tersebut ketika dewasa tidak mengerti larangan dalam agama ,dan tidak mengerti apa akibatnya / balasannya setelah melakukan larangan tersebut.
         Kenakalan remaja ini sering mengakibatkan kerusakan fasilitas umum , seperti : toilet umum yang di coret-coret, bila tawuran sering merusak rumah warga, dll. Di jalan Sudirman Tamrin Jakarta,gerombolan pelajar melakukan konvoi dan menutup ruas jalan di daerah tersebut,tanpa ada maksud yang penting. Pada saat kelulusan tiba juga sering para pelajar melakukan konvoi merayakan kelulusan,sehingga mengganggu pengendara lain. Mabuk mabukan,juga sering meresahkan warga. Itu contoh kenakalan yang terjadi di masyarakat.
         Kenakalan remaja ini dipengaruhi oleh lingkungan tempat tinggal remaja tersebut. Apabila remaja tersebut dididik agama dengan baik, diajarkan sopan santun mulai dari kecil, perilaku remaja itu akan baik. Beda dengan anak yang di besarkan di terminal.





Previous
Next Post »

6 komentar

Click here for komentar
September 10, 2019 at 5:57 AM ×

Thnk gan bagi paragraf dikit ya buat tugas, makasih banget.

Balas
avatar
admin
October 16, 2019 at 7:37 PM ×

Ijin copy buat bikin tugas :)

Balas
avatar
admin
Thanks for your comment