Contoh Essay Singkat

       Problematika perairan darat di Indonesia

Perairan darat di Indonesia umumnya ada danau, rawa, dan air tanah. Banyak permasalahan yang timbul di perairan darat Indonesia ini karena kurang sadarnya kepedulian lingkungan masyarakat itu sendiri, pada masalah ini saya akan menguraikan masalah dan memberikan solusi untuk mengatasinya.

Dimana ada hujan disitu pasti ada banjir itu adalah permasalahan sungai di Indonesia dari dulu. Tak perlu ditanyakan lagi, sudah pasti banjir akibat sampah yang menyumbat sehingga air tidak bisa mengalir dengan lancar dan mengakibatkan sungai menguap.
Masyarakat membuang sampah ke sungai seakan-akan sungai adalah tempat sampah yang cukup luas dan gratis tanpa bayar uang kebersihan. Tentu saja kita harus mengintropeksi diri. Jangan saat banjir menyalahkan pemerintah tapi salahkan diri sendiri karena telah membuang sampah disungai.
Masalah kebersihan sungai dan banjir dimana-mana kembali dan bertanya kepada diri kita sendiri. Jangan hanya berharap dan menyalahkan pemerintah. Mulailah dari kita sendiri. Mulailah dari lingkungan kita berpijak.

Adapun masalah perairan darat di rawa antara lain Kondisi dan karakteristik fisik lahan yang belum normal karena banyak faktor, sehingga para petani masih merasa kuatir untuk bisa mengelolanya dengan baik.

Belum adanya lembaga pendukung di daerah rawa yang berperan aktif dalam membantu petani untuk mengembangkan usaha-usaha budidaya pertanian maupun usaha-usaha lain yang berbasis pertanian guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kondisi sosial ekonomi dan kelembagaan masih belum mendukung kegiatan pengembangan pertanian yang berkelanjutan.
Belum adanya dukungan sarana transportasi dan infrastruktur yang memadai sehingga sulit untuk melakukan mobilisasi alat, tenaga kerja, dan bahan-bahan yang diperlukan, yang pada akhirnya biaya hidup menjadi lebih tinggi.

Cara mengatasinya adalah dengan meningkatkan pengembangan lahan rawa yang ada di Indonesia agar dapat meningkatkan produksi padi nasional yaitu, dengan cara memperbaiki lahan rawa yang sudah ada agar bisa dimanfaatkan untuk lahan pertanian, misalnya dengan membuat bangunan pengatur air agar tidak berlebihan dan juga tidak kekurangan. Kemudian dilanjutkan dengan pembangunan infrastruktur pendukung lainnya, serta pemeliharan yang  baik dalam jangka panjang. Yang terpenting adalah mempersiapkan sumber daya manusianya agar bisa mengelola dengan baik, yang didukung dengan kebijakan pemerintah mengenai masalah yang ada.
Air tanah mungkin menjadi kebutuhan sehari-hari tapi jika berlebihan atau mengeksploitasi juga akan menyebabkan dampak yang buruk, seperti artikel yang say abaca di Jakarta tanah turun sekitar 1 meter per tahun, akibatnya banyak jalan bolong, bangunan yang miring/tidak simetris itu semua akibat eksploitasi tanah.
Air tanah juga bisa tercemar akibat aktifitas industry maupun rumah tangga, air jadi terkontaminasi oleh bakteri-bakteri seperti yang saya baca di artikel kebanyakan air terkontaminasi oleh bakteri E. coli.
Untuk itu kita harus mengurangi penggunaan air secara berlebihan dan di mulai dari diri sendiri.
Kesimpulan dari berbagai permasalahan diatas adalah kita harus mempunyai jiwa cinta lingkungan, jangan apa-apa kita menyalahkan pemerintah semua itu dari diri kita sendiri, kita harus intropeksi walaupun masih banyak kekurangan tapi kita bisa mengurangi masalah itu sedikit demi sedikit, walaupun sedikit tapi jika dilakukan banyak orang akan ada efek yang baik.


Previous
Next Post »
Thanks for your comment