Manfaat Musik Klasik Bagi Kecerdasan Otak

Musik merupakan simfoni kehidupan, menjadi bagian seni yang mewarnai kehidupan sehari-hari manusia di muka bumi. Tanpa musik dunia sepi, hampa dan monoton karena musik mampu mencairkan suasana, merelaksasi hati serta menstimulasi pikiran manusia sebagai pemeran cerita kehidupan. Musik tak sekedar memberikan efek hiburan, tetapi mampu memberikan makna untuk membangkitkan gairah dan spirit hidup untuk memberdayakan dan memaknai hidup. Nah kali ini saya akan membahas tentang musik klasik dan manfaat untuk kecerdasan otak.

Apa itu musik klasik?

Musik klasik adalah jenis musik yang sering melibatkan orkestra besar dan biasanya tanpa ada iringan vokal. Musik klasik memiliki kecenderungan untuk menenangkan tubuh dan merangsang pikiran. Jenis musik ini telah ditemukan dapat mengurangi stress dan meningkatkan kecerdasan jenis tertentu seperti kemampuan verbal dan penalaran spasial-temporal.

Mengapa Musik Klasik?
Musik klasik telah terbukti memiliki pengaruh paling besar dalam menciptakan koneksi otak pada anak-anak. Hal ini karena musik klasik memiliki struktur musik yang sangat kompleks. Penelitian telah menunjukkan bahwa bayi umur tiga bulan dapat mendeteksi struktur khusus dalam karya-karya seperti Mozart, Beethoven dan Bach, dan dapat mengenali musik yang mereka dengar sebelumnya.
Ini adalah kompleksitas yang menjadikan para peneliti percaya bahwa musik klasik adalah musik yang terbaik untuk membangun jalur di otak. Penelitian juga menunjukkan bahwa anak-anak yang sering mendengarkan musik klasik lebih baik dalam pengetahuan terutama matematika.
                           
                                                        
Manfaat Musik Klasik

Berbagai studi memang menyebutkan manfaat musik klasik terhadap kemampuan otak. Para ahli mengatakan, musik klasik yang sepertinya rumit bagi telinga ini sebenarnya mudah diuraikan otak dan cepat disimpan.



Mendengarkan musik, apa pun jenisnya asalkan kita sukai juga diketahui akan mengurangi stres dan kecemasan.

Selain mendengarkan musik, belajar memainkan komposisi musik klasik juga memiliki manfaat bagi perkembangan otak anak.

Sebuah studi yang dimuat dalam Journal of Neuroscience menyebutkan, anak-anak kecil yang belajar memainkan musik klasik memiliki kemampuan visual sensorimotor lebih baik. Bahkan, manfaat tersebut akan terus dirasakan sampai mereka dewasa, meski pelajaran musik tersebut tidak dilanjutkan lagi.

Previous
Next Post »

2 komentar

Click here for komentar
April 21, 2015 at 7:49 AM ×

Wah, mantap ya,, rupanya musik klasik memiliki manfaat untuk perkembangan otak juga.. :)

Balas
avatar
admin
April 21, 2015 at 8:28 AM ×

sayangnya saya tidak terlaly suka musik, mungkin ini bisa menjadi alternatig :D

Balas
avatar
admin
Thanks for your comment