Perbedaan Perkembangan dan Pertumbuhan Manusia



Halo gaes,berjumpa lagi dengan kami Pelajar Elit yang telah vakum beberapa bulan ini hehehe. Oke kali ini kami akan membahas tentang " Perbedaan Perkembangan dan Pertumbuhan Manusia " . Yook langsung ke pembahasan!!!


Pengertian Pertumbuhan

Pertumbuhan dapat diartikan sebagai suatu proses bertambahnya tinggi, berat, dan ukuran dari suatu makhluk hidup yang semuanya itu bisa diukur dengan menggunakan alat ukur yang disebut auksanometer,serta dapat dituliskan dengan angka. Pada makhluk hidup, pertumbuhan bisa kita lihat dengan memperhatikan bentuk fisik dari makhluk hidup tersebut. Kita tentu bisa melihat sebuah pohon yang tadinya pendek kemudian tumbuh menjadi lebih tinggi seiring berjalannya waktu. itu adalah contoh dari pertumbuhan yang terjadi pada makhluk hidup. hal itu bisa terjadi karena adanya pertambahan sel di dalam tubuh makhluk hidup. Pertumbuhan biasanya dibatasi oleh usia, seperti pada manusia, umumnya pertambahan tinggi pada manusia berhenti ketika sudah memasuki umur 20 tahun.Pertumuhan tidak bisa kembali ke keadaan semula (Irreversibel) ,contoh balita dari tahun ke tahun akan bertumbuh besar dan jika sudah besar otomatis dia tidak akan bisa kembali balita lagi.


Pengertian Perkembangan

Perkemangan merupakan sebuah proses perubahan yang terjadi pada makhluk hidup menuju tingkat kedewasaan tertentu. Perkembangan bersifat kualitatif artinya tidak dapat diukur dan dinyatakan dalam angka. Contoh dari perkembangan adalah ketika bayi baru lahir tentu ia belum bisa berbicara, kemudian secara perlahan ia bisa mengucapkan kata-kata tertentu sampai akhirnya ia fasih berbicara. itu adalah contoh dari perkembangan yang terjadi pada manusia. Berbeda dengan pertumbuhan, perkembangan tidak dibatasi oleh usia karena pada usia tua manusia tetap bisa mempelajari bahasa baru yang juga termasuk ke dalam bentuk perkembangan.Perkembangan bisa kembali ke keadaan semula (Reversibel) ,contoh ketika seorang pelajar SD kelas 5 sudah menguasai pelajaran matematika KPK dan FPB,nah 2 tahun kemudian dia masuk ke SMP dan menerima pelajaran matematika KPK dan FPB,tapi dia lupa dengan materi KPK dan FPB yang dulu pernah dia kuasai di kelas 5 SD .

Dibawah ini adalah perbedaan antara pertumbuhan dan perkembangan bisa dinyatakan dalam tabel berikut ini:

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN

Faktor dari Dalam Tubuh (Internal)


Gen
Gen atau faktor keturunan berpengaruh kepada pembawaan sifat pada suatu makhluk hidup yang akan diturunkan dari generasi satu menuju generasi yang lain. Gen tentu sangat berpengaruh pada ciri fisik dan juga sifat dari makhluk hdup tersebut. Sebagai contoh, Jerapah yang memiliki leher panjang tidak mungkin melahirkan anak yang lehernya pendek. kecuali memang terjadi kesalahan genetik ataupun kelainan.

Hormon
Hormon memiliki beragam peranan penting di dalam proses pertumbuhan dan perkembangan dari makhluk hidup. Sebagai contoh, manusia yang kekuurangan hormon pertumbuhan akan mengalami gangguan pertumbuhan seperti tinggi badan yang tidak bertambah.

Makanan/Nutrisi
Makanan tentu amat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup. Jika makanan yang kita makan adalah makanan yang bergizi dan memiliki nutrisi yang tinggi pastinya akan berpengaruh kepada pertumbuhan srta kecerdasan kita. Hasilnya akan berbeda bila kita memakan makanan yang nilai nutrisinya rendah, masa pertumbuhan akan berjalan lamban dan bahkan kita bisa mengalami kekurangan gizi.

Faktor Dari Luar Tubuh (Eksternal)

Suhu
Agar dapat tumbuh dan berkembang secara normal,  makhluk hidup membutuhkan lingkungan dengan tingkat suhu tertentu. Contohnya pada manusia, Pertumbuhan dan perkembangan akan terlihat akan optimal apabila tubuhnya berada pada  kisaran suhu 36,5-37,60 celcius. Sementara itu, tumbuhan menunjukan ketergantungan yang lebih terhadap suhu, contohnya tumbuhan akan menjadi kering apabila matahari terlalu terik meski kebutuhan airnya sudah tercukupi.

Cahaya
Cahaya sangat berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada tumbuhan, karena tumbuhan membutuhkan cahaya matahari untuk menjalankan proses fotosintesis.

Kelembaban, Air, dan Tanah
Pada intinya, keadaan lingkungan dimana suatu makhluk hidup itu tinggal menjadi faktor penentu yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan dari makhluk hidup itu. Kelembapan dibutuhkan oleh mahluk hidup seperti lumut dan jamur untuk dapat hidup. Air tidak akan pernah lepas dari makhluk hidup karena makhluk hidup membutuhkan air untuk minum, mandi, dan sebagai tempat hidup bagi hewan dan tumbuhan tertentu. Tanah menjadi sumber nutrisi dan tempat hidup bagi tumbuhan. Semuanya itu berkaitan dan jika ada satu faktor saja yang kurang, maka bisa berpengaruh terhadap proses pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup.
Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
March 2, 2020 at 3:29 AM ×

Contoh perkembangan manusia apa ya?

Selamat Unknown dapat PERTAMAX...!
Balas
avatar
admin
Thanks for your comment