Pengertian dan Contoh Teks Eksplanasi


Pengertian Teks Eksplanasi
Pengertian teks eksplanasi adalah teks yang bertujuan menjelaskan proses terjadinya suatu fenomena baik fenomena alam maupun fenomena sosial. Dalam sebuah teks eksplanasi terdapat banyak pernyataan sebab akibat untuk menjelaskan secara detail suatu fenomena.

Struktur Teks Eksplanasi
Struktur teks eksplanasi terbagi menjadi pernyataan umum, urutan sebab-akibat, penutup.

  • Pernyataan Umum, Berisi tentang penjelasan umum tentang fenomena yang akan dibahas, bisa berupa pengenalan fenomena tersebut atau penjelasannya. Penjelasan umum yang dituliskan dalam teks ini berupa gambaran secara umum tentang apa, mengapa, dan bagaimana proses peristiwa alam tersebut bisa terjadi.
  • Urutan sebab-akibat, Berisi tentang penjelasan proses mengapa fenomena tersebut bisa terjadi atau tercipta dan bisa terdiri lebih dari satu paragraf. Deretan penjelas mendeskripsikan dan merincikan penyebab dan akibat dari sebuah bencana alam yang terjadi.
  • Penutup (Opsional), Teks penutup yang bersifat pilihan; bukan keharusan. Teks penutup yang dimaksud adalah, teks yang merupakan intisari atau kesimpulan dari pernyataan umum dan deretan penjelas. Opsionalnya dapat berupa tanggapan maupun mengambil kesimpulan atas pernyataan yang ada dalam teks tersebut 

  • Contoh Teks Eksplanasi 
               Sampah adalah sebuah benda ataupun barang yang tidak digunakan lagi oleh seseorang, yang keberadaannya sangat mengganggu kesehatan dan kesejahteraan masyarakat di sekitar. Sampah itu sendiri dibagi menjadi dua jenis, dilihat dari sifatnya yaitu sampah organik dan juga sampah anorganik. Sampah organik adalah jenis sampah yang lebih mudah untuk membusuk seperti sisa makanan, daun-daun kering, sayuran, dan lain sebagainya. Sampah jenis ini bisa diolah secara lebih lanjut menjadi kompos. Sedangkan sampah anorganik adalah sampah yang sulit untuk membusuk, seperti kertas, plastik wadah pembungkus makanan, plastik mainan, botol dan gelas minuman, kayu, dan lain-lain.

            Saat ini sampah merupakan suatu fenomena yang kerap kita temukan di lingkungan masyarakat dan sudah menjadi hal lumrah apabila kita menemukan banyak sampai di jalan raya. Sampah pada awalnya terlihat biasa berserakan di sekitar kita, namun banyak dampak atau akibat negatif yang ditimbulkan jika sampah dibiarkan secara terus-menerus dalam waktu yang lama. Beberapa dampak atau akibat yang ditimbulkan oleh sampah antara lain adalah penyakit, banjir dan juga longsor. Sampah yang dibiarkan menumpuk akan mendatangkan bau tidak sedap sehingga mencemari udara sehingga dihinggapi lalat, kemudian muncullah organisme-organisme yang tidak diinginkan yang selanjutnya mendatangkan penyakit, seperti DBD.

             Sesudah sampah mendatangkan berbagai penyakit bagi tubuh, sampah bisa juga mendatangkan bencana yang lebih besar yaitu banjir. Tentunya satu hal yang mengerikan bukan? Sampah yang dibuang ke sungai oleh warga secara rutin, akan membuat air sungai sulit untuk mengalir karena banyaknya sampah, dan lama-kelamaan air sungai akhirnya meluap seiring hujan lebat yang terus mengguyur tempat tersebut. Apabila sudah terjadi banjir, tentunya menyulitkan manusia untuk beraktivitas terutama bekerja. Selain itu, di daerah yang tanahnya miring akan terjadilah longsor.

             Dampak yang dihasilkan oleh sampah tadi sangatlah banyak, oleh sebab itu kita sebagai makhluk sosial yang tinggal di bumi ini dan yang menginginkan kesejahteraan marilah kita menjaga lingkungan kita, dimulai dari diri sendiri dengan membuang sampah pada tempatnya. Sampah organik yang kita buang pada tempatnya, dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan kompos, sementara sampah anorganik dapat dijual ke pasaran kemudian diolah kembali menjadi baran berguna. 

    Previous
    Next Post »

    2 komentar

    Click here for komentar
    September 8, 2015 at 6:01 AM ×

    sama" gan tetep mampir ya...

    Balas
    avatar
    admin
    December 1, 2015 at 2:08 AM ×

    Sampah memang sangatlah merugikan, terlebih lagi jika itu dibuang secara sembarangan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Dukung kami Greenpack sebagai kemasan makanan ramah lingkungan untuk mewujudkan indonesia yang lebih hijau. Kunjungi kami di http://www.greenpack.co.id/

    Balas
    avatar
    admin
    Thanks for your comment